gitanyali

DAILY LIFE…Sometimes bad,sometimes good

Goji Berry , “Superfruit” Buah Penghambat Ketuaan

14218377881242882949

Saya menyukai Buah Goji Bery sejak 20 tahun terakhir. Waktu itu perkenalan pertama kali karena diajari dan dikenalkan oleh sebuah keluarga Tionghoa di Singapura. Sejak saat itu saya selalu menyediakan goji berry di rumah. Di Jerman dikenal dengan nama GojiBeeren, dan anda bisa mendapatkannya di toko herba,toko makanan natural &  toko Bio atau di toko Asia. Di Indonesia anda bisa mendapatkannya di toko herba, toko obat Tiongkok atau di media online.

Biasanya saya makan begitu saja buah yang sudah kering sebagai cemilan ( jangan banyak-banyak ) sambil nonton TV . Atau memasaknya dengan sup ayam kampung ( ayam Bio kalau di Jerman ). Bisa juga di bikin kue, dicampur ke dalam smoothie, diseduh dengan air panas seperti teh , dimakan dengan es krim atau campurkan ke dalam tumisan sayur. Goji berry bisa dimakan mentah setelah dikeringkan ( seperti kismis ), dimasak,  dan digunakan dalam teh herbal, jus, anggur, dan obat-obatan. Kadang saya sarapan dengan coco crunch dicampur susu dan saya taburi Goji Berry. Lecker!

Goji berry  kaya akan vitamin C dan antioksidan, 18 asam amino dan 21 mineral, sehingga tak heran bahwa beberapa toko obat dan herba dengan marketing yang jor-joran mengklaim bahwa ini adalah buah yang paling kaya nutrisi yang ada di dunia, mereka menyebutnya SUPERFRUIT.

Sekarang ini Goji berry malah sedang menjadi tend di dunia dikalangan orang barat dan para celebrity . Padahal di negara Tiongkok mereka sudah mengkonsumsi berry ini berabad-abad lamanya. Bahkan kalau anda hidup di lingkungan orang-orang Tionghoa saya kira hal ini sudah biasa. Dalam masakan Chinese yang selalu saya makan di Restorant , kalau anda jeli akan selalu ada campuran biji goji berry yang berwarna pink tua atau seperti warna batu bata di Indonesia. Di setiap bubur , sup , ayam herba atau jamu-jamuan orang Tionghoa saya selalu melihat si kecil nan imut ini nyempil disana.

Goji berry juga selalu ada di dapur saya karena kami yakin akan manfaatnya, apalagi bagi anda yang ingin terlihat selalu muda dan energetik. Jangan pernah anda melupakan biji berry ini di rak dapur anda.

Apa itu Buah Goji Berry?

Goji berry adalah buah berry yang berasal dari  Tiongkok  (disebut wolfberries di dunia barat / Lycium chinense),  Cina: 寧夏 枸杞 pinyin: Ningxia gǒuqǐ .  (Kou Kee Chye – Hokkien dialect). Buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina sejak abad pertama Masehi.  Mereka sering mengkombinasikan atau mencampur berry ini dengan herbal lain sebagai tonik untuk meningkatkan umur panjang. Sedangkan daunnya juga termasuk edible food dan bisa di masak selayaknya sayuran lainnya . Biasanya saya memasak untuk campuran sup atau di tumis biasa saja. Dalam bahasa Inggris daun Goji Berry sering di sebut  ”Matrimony Vine Leaves- 枸杞 叶 ” . Nama baru yang romantis . Aneh.

Bahkan di negara Tiongkok ada orang yang berumur 200 tahun lebih karena selalu makan goji berry dalam kesehariannya dietnya.

Adalah Li Ching-Yun yang meninggal pada 6 Mei 1933 adalah seorang Herbalis , Martial Arts dan Penasihat Taktik Tiongkok yang konon hidup sampai lebih dari 256 tahun. Ia mengaku lahir pada tahun 1736, sedangkan catatan yang diperdebatkan menyatakan bahwa ia malah lahir pada tahun 1677. Nah Kedua rentang hidup yang diduga 197 dan 256 tahun saja sudah jauh melebihi umur yang telah dikonfirmasi manusia tertua di dunia yaitu 122 tahun dan 164 hari dari wanita Perancis Jeanne Calment ( lahir 21 Feb 1875 , meninggal August 4, 1997 di Arles Perancis ).

Li Ching-Yuen juga memberikan kita kiat umur panjangnya dalam satu kalimat ampuh yang bagi saya pribadi  akan sangat sulit untuk menerapkannya :

“Mempertahankan hati yang tenang, duduk seperti kura-kura, berjalan cepat seperti merpati dan tidur seperti anjing”.

———–

Kegunaan lain goji berry dikatakan juga untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi dan penglihatan, bagus untuk mata, melindungi hati, dan meningkatkan produksi sperma untuk laki-laki.

Goji berry memiliki anti oksidant yang tinggi sehingga dia sering disebut buah superfruit yang populer terutama untuk wanita yang ingin menunda penuaan. Ayooo ladies, tunggu apa lagi?Buah ini juga kaya akan Vitamin, mineral  dan nutrisi.

Seiring waktu, orang telah menggunakan goji berry untuk mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, dan masalah mata yang berkaitan dengan usia

Apa manfaat dari Goji Berry selanjutnya ?

Beberapa penelitian menggunakan jus goji berry menemukan bahwa biji ini bemanfaat positif untuk memberi efek ketenangan, kebahagiaan, kualitas tidur yan baik, dan perasaan kesehatan yang baik.

Apa effek sampingannya ? ini yang perlu anda perhatikan . Bagi anda yang menderita diabetes dan sedang meminum obat tekanan darah tinggi lebih baik anda konsultasi dengan Doktor dulu . Apalagi bagi anda yang mengkonsumsi obat Warfarin ( pengencer darah ) seperti yang saya baca , lebih baik anda menghindari makan buah ini.

Tetapi satu yang mesti diingat , bagi siapapun itu sesuatu yang berlebih-lebihan akan selalu berefek tidak baik , maka secara amannya konsumsilah Goji berry secukupnya saja. Mentang-mentang biji ini bisa membikin awet muda anda tidak boleh jor-joran mengkonsumsi nya.  Satu gelas sehari diseduh dengan air panas itu bagi saya sudah cukup.

Ayo siapa yang kepingin awet muda , silahkan konsumsi goji berry.

Sumber :

http://www.medicalnewstoday.com/articles/270112.php

http://www.uofmhealth.org/health-library/hn-5198007

http://sosbud.kompasiana.com/2015/01/21/goji-berry-superfruit-buah-penghambat-ketuaan-718437.html

Advertisements

One comment on “Goji Berry , “Superfruit” Buah Penghambat Ketuaan

  1. citramanica
    January 24, 2015

    Nyoba beli ah, biar awet muda, hehe… di sini banyak, tapi gak pernah beli… Pernah makan sih beberapa kali di resto, campuran sup.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 24, 2015 by in Daily Life and tagged , , , .
%d bloggers like this: